Asuransi Tri Pakarta dan BNI Sinergi Perkuat Bisnis dan Layanan

by Admin

2 bulan yang lalu

TRIPA dan BNI melakukan sekaligus 3 (tiga) penandatangan kerja sama yakni terkait fasilitas Automatic Cover Penerbitan Bank Garansi, Penggunaan Layanan Virtual Account Untuk Pembayaran premi dan Asuransi Kredit BWU Fast Trex dan Fast Trex.

Jakarta, 24 Agustus 2022 – PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan segenap stakeholders dan shareholder yang ada, sehingga dapat menjadi perusahaan asuransi yang terkemuka dan terpercaya. Hal ini dilakukan guna menjaga bisnis perusahaan agar tetap berkinerja positif dan menjadikan TRIPA sebagai perusahaan asuransi terbaik dari segi pelayanan.

Dalam rangka itupula, hari ini TRIPA kembali melakukan sinergi dan kolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI). Dalam sinergi ini, dilakukan sekaligus empat Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Pertama, PKS tentang Penjaminan Automatic Cover atas Penerbitan Garansi Bank Bid Bond Marginal Deposit Spesial (E-Bid Bond).

Dengan kerja sama ini, BNI sebagai penerima penjaminan memberikan fasilitas berupa Bank Garansi Bid Bond Marginal Deposit Spesial, yang akan menjamin risiko kerugian yang mungkin timbul dan ditanggung BNI dalam hal ketidakpastian atas pelunasan pembayaran klaim oleh nasabah terhadap fasilitas yang diberikan. Dan, TRIPA akan memberikan Automatic Cover atas pemberian fasilitas tersebut. 

Kedua, PKS terkait Penggunaan Layanan BNI Virtual Account (VA) untuk Penerimaan Pembayaran Premi Asuransi Kerugian. Dengan kerja sama ini, TRIPA bermaksud menggunakan layanan BNI Virtual Account untuk penerimaan pembayaran premi asuransi kerugian.

Ketiga, PKS terkait  Asuransi Kredit BWU Fast Trex dan Fast Trex. Dijelaskan bahwa BWU Fast Trex adalah singkatan dari dari BNI Wirausaha Fasilitas Transaksi Ekspor yang merupakan suatu program pembiayaan yang diberikan kepada nasabah baru maupun existing orientasi ekspor dengan maksimum kredit sampai dengan Rp1 miliar. Sedangkan Fast Trex adalah singkatan dari Fasilitas Transaksi Ekspor yang merupakan suatu program pembiayaan yang diberikan kepada nasabah baru maupun existing orientasi ekspor dengan maksimum kredit di atas Rp1 miliar sampai dengan Rp25 miliar.

Selanjutnya, yang keempat adalah PKS dengan PT BNI Life Insurance terkait kerja sama pemberian referral. Dalam kerja sama ini nantinya BNI Life dan TRIPA akan saling mereferal nasabah atau pelanggannya.

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu rangkaian dalam Hari Ulang Tahun (HUT) TRIPA yang ke-44. Melaui sinergi dan kolaborasi ini, Direktur Utama TRIPA, G. C. Koen Yulianto menargetkan TRIPA untuk naik kelas, yakni sebagai perusahaan asuransi dengan premi Rp1 triliun hingga Rp2,5 triliun.

“Kami ingin tumbuh lebih cepat dan naik kelas. Ditargetkan gross premi written (GPW) akan tembus Rp2,5 triliun pada 2024. Ke depan, kami juga akan menginisiasi berbagai bisnis baru di luar captive market," ujar Koen.

Dalam 5 tahun terakhir ini TRIPA bisa tumbuh cepat dan berkesinambungan. Hal ini bisa dilihat dari kinerja keuangan dan operasional perusahaan. Bahkan, TRIPA juga mendapatkan penghargaan Golden Award dari Infobank sebagai apresiasi kinerja sangat bagus dalam 5 tahun berturut-turut.

Di tengah tekanan pandemi sejak 2020 hingga saat ini, kinerja TRIPA tetap positif dan bertumbuh. Pada 2021, laba bersih yang berhasil dicapai sebesar Rp61,38 miliar, dan GPW mencapai Rp934 miliar. Hingga posisi Juli 2022, laba bersih TRIPA telah mencapai Rp57,80 miliar, dan hingga akhir tahun ini ditargetkan bisa mencapai Rp100 miliar, atau melebihi target dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang sebesar Rp65,80 miliar.

Selain memacu bisnis, TRIPA juga tetap mengupayakan kesehatan dan efisiensi usaha. "Selain Risk Based Capital (RBC) yang selalu kami jaga di atas 150%, kami juga memilki Combined Operating Ratio (COR) yang sangat baik di atas angka rata-rata industri. Saat ini RBC kami berada di angka 154%, sedangkan COR kami hingga Juli 2022 berada di angka 81,24%, di mana rata-rata industri asuransi mencapai lebih dari 90%," tukas Koen.

Sementara itu, lanjut dia, hingga Juli 2022, hasil underwriting murni bersih TRIPA mencapai Rp38,49 miliar. Kemudian dari sisi hasil investasi tercatat mencapai Rp19,1 miliar. Selain itu, TRIPA merupakan salah satu perusahaan asuransi yang klaim asuransinya rendah, terutama untuk properti. “Artinya, kami cukup efisien dan profitable," terang Koen. (*).


Salam sehat,
Corporate Communication
PT Asuransi Tri Pakarta
Jl. Falatehan I No. 17-19 Melawai
Kebayoran Baru – Jakarta Selatan
Email: corcom@tripakarta.co.id
021 – 39502300
Website: www.tripakarta.co.id