PROSEDUR KLAIM ASURANSI

Pelaporan & Batas Waktu Pelaporan Klaim

Jika terjadi suatu kecelakaan atau musibah yang menimpa objek pertanggungan yang diasuransikan, Anda harus segera mengambil langkah sbb :

  1. Melaporkan kepada pihak yang berwajib/ berwenang
  2. Berusaha maksimal menyelamatkan dan menjaga objek yang diasuransikan
  3. Menghubungi petugas klaim kami dalam waktu 3 x 24 jam (3 hari kerja) melalui sarana komunikasi yang efisien : telpon, email, facsimil, telegram ataudatang langsung ke kantor kami yang terdekat.

Survey Klaim

Segera setelah menerima laporan klaim kami akan melakukan peninjauan lokasi (survey klaim) untuk mengumpulkan data/ informasi terkait dengan kejadian klaim tersebut.

Untuk nilai kerugian yang besar kami akan menunjuk penilai independent (Loss Adjuster).

Penyelesaian Klaim

Berdasarkan hasil survey klaim, dokumentasi klaim, syarat dan kondisi polis akan diketahui status klaim tersebut serta besarnya nilai kerugian yang menjadi tanggung jawab kami sesuai kondisi polis. Kami akan menjelaskan mengenai dasar penyelesaian klaim dan jika Anda menyetujui maka langkah berikutnya adalah penyelesaian administrasi dan pembayaran klaim.

Risiko Sendiri

Istilah lain Risiko sendiri adalah Own Retention/ Own Risk atau Deductible. Merupakan suatu nilai tertentu yang harus Anda tanggung untuk setiap kali kejadian klaim yang dijamin polis.

Besarnya nilai risiko sendiri biasanya dinyatakan dalam ikhtisar polis, misalnya :

  • Rp. 250.000,00 per kejadian, atau 10% dari jumlah kerugian yang disetujui, atau
  • 5% dari Jumlah Uang Pertanggungan, minimal Rp. 1.000.000,00

Misalnya sebuah mobil senilai 100 juta rupiah diasuransikan senilai tersebut. Besar risiko sendiri dalam polis Rp. 100.000,00 setiap kejadian. Jika terjadi klaim senilai Rp. 1.000.000,00 maka kami akan mengganti sebesar Rp. 1.000.000,00 – Rp. 100.000,00 =Rp. 900.000,00

Depresiasi

Depresiasi adalah penyusutan nilai dari suatu objek harta benda. Besarnya depresiasi tergantung dari tiap jenis objek harta benda tersebut dan lama pemakaiannya. Biasanya depresiasi akan diperhitungkan dalam menghitung nilai suatu klaim.

Pembayaran Klaim

Pembayaran klaim dapat dilakukan setelah semua proses tersebut di atas selesai. Setelah semua proses dipenuhi maka kami tinggal melakukan proses pembayaran klaim segera sesuai ketentuan polis. Pembayaran dapat berupa tunai, transfer rekening, cek atau giro atau perbaikan/ penggantian ataupun pemulihan kembali objek asuransi yang mengalami kerusakan.

PROSEDUR KLAIM ASURANSI