PENUTUPAN

Prosedur Penutupan Asuransi

SPPA

Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) merupakan satu kesatuan dari suatu polis; merupakan formulir isian permohonan untuk mengasuransikan harta benda atau kepentingan Anda. SPPA wajib dilengkapi sesuai dengan fakta yang sebenarnya, mengingat informasi tersebut akan kami gunakan sebagai dasar untuk memproses polis asuransi.

Perincian Harta benda yang dipertanggungkan

Kami menyarankan Anda untuk membuat perincian mengenai harta benda atau kepentingan yang akan diasuransikan, karena :

  • Bila terjadi musibah, kami memerlukan surat tuntutan klaim yang berisi perincian harta benda atau kepentingan yang mengalami kerusakan atau kerugian.
  • Perincian yang telah diajukan kepada kami sebelumnya akan memudahkan Anda dalam membuat surat tuntutan klaim, sehingga proses penyelesaian klaim Anda dapat dipercepat.

Survey
Untuk objek tertentu sesuai kebijakan internal kami sebagai Penanggung maka kami akan melakukan survey risiko atas objek yang akan diasuransikan.

Survey akan dilakukan pada harta benda yang akan diasuransikan berdasarkan informasi yang Anda tulis di dalam SPPA. Hasil survey tersebut akan kami gunakan sebagai salah satu dasar untuk menerima permohonan asuransi sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Jumlah Uang Pertanggungan

Sum Insured (jumlah uang pertanggungan) dipergunakan sebagai dasar untuk :

  1. Menentukan maksimal tanggung jawab asuransi atas kerugian yang Anda alami
  2. Besar premi asuransi yang akan dibayarkan biasanya premi = rate x sum insured

Besarnya jumlah pertanggungan ditentukan oleh Anda sendiri karena pada umumnya Anda yang lebih mengetahui nilai sebenarnya dari harta benda atau objek yang akan diasuransikan. Besar uang pertanggungan bukan kami yang menentukan. Kami hanya dapat memberikan rekomendasi atas perkiraan nilai atau metode pendekatan penentuan nilai uang pertanggungan tersebut.

Yang terpenting nilai uang pertanggungan tersebut haruslah yang wajar sesuai dengan kondisi saat itu, tidak melebihi dan tidak kurang.

Under Insurance

Jika besar uang pertanggungan lebih kecil dari nilai harta benda yang sebenarnya, dalam hal demikian jika terjadi klaim maka terjadi ganti rugi prorata.  Sedangkan jika terjadi kerugian total loss maka kami mengganti maksimal nilai pertanggungan.

Contoh :

Mobil nilai sebenarnya 100 juta rupiah, diasuransikan 75 juta rupiah.

  • Jika terjadi klaim senilai 20 juta rupiah maka kami mengganti sebesar 75 / 100 x 20 juta rupiah = 15 juta rupiah. Sisanya menjadi tanggungan Anda sendiri.
  • Jika terjadi klaim total maka kami mengganti sebesar maksimal nilai pertanggungan yaitu 75 juta rupiah.

Over Insurance

Jika uang pertanggungan melebihi dari nilai sebenarnya dari harta benda yang diasuransikan. Jika terjadi klaim total kami akan mengganti sebesar harga wajar sebenarnya.

Contoh :

Jika mobil senilai 100 juta rupiah diasuransikan senilai 150 juta rupiah. Jika terjadi klaim total maka kami akan mengganti sebesar harga wajar yang sebenarnya dari mobil tersebut, maksimal 100 juta rupiah.

Kami menyarankan agar jumlah nilai pertanggungan asuransi dimasukkan nilai wajar sebenarnya. Jika terjadi penyesuaian harga atas harta benda dimaksud maka nilai pertanggungan asuransinya dapat disesuaikan dengan memberitahukan kepada kami untuk dibuatkan amandemen/ endorsement.

Perhitungan Premi

Premi asuransi merupakan hasil perkalian tarip premi asuransi terhadap jumlah uang pertanggungan. Premi = Tarip x Jumlah uang Pertanggungan

Besarnya tarip premi asuransi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :

  • Jenis asuransi, penggunaan objek harta benda yang diasuransikan
  • Luas jaminan yang diambil, jaminan-jaminan tambahan
  • Pengalaman klaim/ Loss Rasio, Tingkat risiko atau kemungkinan terjadinya kerugian,

Pembayaran Premi

Terdapat beberapa cara dalam pembayaran premi, petugas kami akan menginformasikan serta mengkonfirmasikan perihal pembayaran premi  seperti besarnya premi, mata uang, lokasi pembayaran dan cara pembayaran (transfer, tunai, giro/ cek).

Demi untuk keamanan bersama kami sangat menganjurkan agar Anda membayar premi secara transfer ke rekening kami.

Polis

Polis merupakan perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dengan Tertanggungnya. Polis berisi informasi tentang Tertanggung, objek yang diasuransikan, risik-risiko yang dijamin dan dikecualikan, hal-hal yang seharusnya dilakukan dan dilarang bagi Tertanggung, prosedur klaim, syarat dan kondisi polis lainnya.

Kuitansi

Kuitansi merupakan bukti bahwa Anda telah membayar lunas premi asuransi.

Perubahan

Jika terjadi perubahan-perubahan pada objek yang diasuransikan seperti okupasi/ penggunaan, penambahandan pengurangan objek pertanggungan asuransi, lingkungan, alamat dan sebagainya harap segera diberitahukan kepada kami untuk dibuatkan Endorsemen.

Perpanjangan Polis

Kami akan mengirimkan surat pemberitahuan perpanjangan (Renewal Notice) yang berisi periode polis yang akan berakhir masa berlakunya, permohonan untuk memperpanjang polis, informasi tentang perubahan objek asuransi dan sebagainya.

Tertanggung

Anda adalah Tertanggung, yaitu perorangan  atau badan hukum yang memiliki atau berkepentingan  atas harta benda yang diasuransikan.

Penanggung

Kami adalah Penanggung, adalah pihak yang menerima premi asuransi dari Tertanggung dan menanggung risiko atas kerugian / musibah yang menimpa harta benda yang diasuransikan.


Anda dapat mengunduh file Formulir Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) sesuai jenis produk dan layanan kami dibawah ini :

a.  Formulir SPPA Asuransi Kebongkaran (download)

b.  Formulir SPPA Asuransi Semua Risiko Kontraktor (download)

c.  Formulir SPPA Asuransi Pengiriman Uang dan Penyimpanan Uang (download)

d.  Formulir SPPA Asuransi Semua Risiko Pemasangan (download)

e.  Formulir SPPA Asuransi Peralatan Elektronik (download)

f.   Formulir SPPA Asuransi Gempa Bumi (download)

g.  Formulir SPPA Asuransi Alat Berat Risiko Khusus (download)

h.  Formulir SPPA Asuransi Kendaraan Bermotor (download)

i.   Formulir SPPA Asuransi Mesin (download)

j.   Formulir SPPA Asuransi Rangka Kapal (download)

k.  Formulir SPPA Asuransi Kecelakaan Diri (download)

l.   Formulir SPPA Asuransi Pengangkutan Barang (download)

m. Formulir SPPA Surety Bond (download)

n.  Formulir SPPA Asuransi Terorisme dan Sabotase (download)

Catatan :

Setiap pengisian Formulir  Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) wajib melampirkan Formulir Prinsip Mengenal Nasabah (PMN) doc terlampir(download)