PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) adalah perusahaan asuransi yang didirikan oleh Yayasan Dana Pensiun Bank Negara Indonesia, Asuransi Wahana Tata dan PT Tri Handayani Utama pada tahun 1978. Untuk memberikan jasa asuransi yang bernilai, TRIPA diperkuat oleh sumber daya manusia yang profesional, sistem pelayanan terintegrasi, penerapan teknologi informasi terkini, serta kerjasama harmonis dan mutual dengan para mitra usaha seperti loss adjuster dan reasurandur dari dalam dan luar negeri.

Dalam menjalankan kegiatan usaha, TRIPA senantiasa menunjukkan kemajuan yang signifikan hingga berhasil menjadi perusahaan asuransi yang sehat, kokoh dan terpercaya. Bentuk keberhasilan ini terbukti dalam penyelesaian berbagai klaim asuransi dalam jumlah kecil maupun besar, termasuk di antaranya klaim huru-hara Mei 1998 yang tanpa publikasi. Dari seluruh klaim yang telah diselesaikan, TRIPA melaksanakannya dengan cepat tanggap, efisien dan tepat waktu sesuai komitmennya dalam memberikan standar pelayanan terbaik bagi para tertanggung.

Guna meningkatkan kinerja, perusahaan senantiasa menerapkan Good Corporate Governance dalam arti sesungguhnya dalam penyelenggaraaan perusahaan yang diarahkan kepada keunggulan kinerja, sumber daya, dan layanan. Termasuk di dalamnya upaya mewujudkan operasional perusahaan yang terintegrasi dengan dukungan teknologi informasi, efisiensi operasional tanpa mengurangi produktivitas dan pelayanan, serta peningkatan modal setor dan memperluas jaringan reasuransi nasional maupun internasional.

Kontribusi TRIPA pada industri Asuransi Nasional dapat dilihat dari perkembangan premi bruto. Selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2012 – 2016 premi bruto yang diterima TRIPA adalah sebagai berikut :

Berbekal pengalaman di bidang asuransi selama lebih dari 30 tahun serta berpegang teguh pada prinsip tanggap/kepedulian, kepercayaan dan profesionalisme, TRIPA mantap melangkah memenuhi setiap kebutuhan para tertanggung dengan segenap usaha dan pelayanan yang lebih baik.

Asuransi TRIPA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan izin usaha bernomor KEP-1754/MD/1978 tanggal 11 Desember 1978.